VISI MISI KECAMATAN TENGARAN

VISI

Visi Kecamatan Tengaran dirumuskan dengan melihat, menilai dan memberi predikat Kecamatan Tengaran yang akan datang, yaitu kondisi ideal Kantor Camat Tengaran yang diinginkan pada masa yang akan datang, dan mempertimbangkan potensi, kondisi dan masalah yang terjadi.

Visi Kecamatan Tengaran adalah :

”TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA MENUJU KECAMATAN TENGARAN YANG MAJU, TERTIB DAN SEJAHTERA”

Pemahaman atas pernyataan visi tersebut mengandung makna menciptakan pelayanan yang optimal dengan terjalinnya sinergi yang dinamis antara seluruh aparatur Kecamatan Tengaran dengan seluruh pemerintah desa serta masyarakat dalam menyelesaikan seluruh peran dan fungsi masing-masing secara terpadu dan berkelanjutan. Secara filosofi visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung didalamnya, yaitu :

1.    PELAYANAN PRIMA : adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik Kecamatan Tengaran harus dinamis dan meningkat sesuai dengan harapan masyarakat.

2.    MAJU : adalah mencapai keadaan yang lebih baik, setara atau bahkan lebih baik dari tempat lain, dari sisi pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

3.    TERTIB : adalah kehidupan masyarakat yang mematuhi norma-norma kehidupan bermasyarakat yang ada, baik norma-norma agama, adat istiadat dan peraturan perundang-undangan yang ada.

4.    SEJAHTERA : adalah menggambarkan derajat kehidupan masyarakat yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, keamanan, sarana prasarana publik, sosial dan religius.

MISI

Untuk mewujudkan Visi Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang dimasa mendatang, maka ditetapkan Misi sebagai berikut :

  1. MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA PELAYANAN

Misi ini adalah untuk menciptakan suatu pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dengan ditopang oleh sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

2.    MENINGKATKAN KINERJA PEMBANGUNAN YANG BERBASIS PADA MASYARAKAT DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Misi ini adalah untuk menciptakan suatu sistem pembangunan yang bersumber pada inisiatif, prakarsa antara pemerintah dan masyarakat serta berorientasi pada kelestarian lingkungan.

3.    MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN YANG BERKUALITAS

Misi ini adalah untuk menciptakan suatu pemerintahan yang mampu memberikan jaminan rasa aman bagi warga masyarakat dengan menggerakkan sistem keamanan swakarsa di lingkungan masyarakat.

4.    MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM RANGKA OPTIMALISASI PAD

Misi ini adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kegiatan perekonomian yang semakin maju sehingga berdampak pada peningkatan PAD.

5.    MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG SEHAT DAN SEJAHTERA

Misi ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia di Kecamatan Tengaran yang sehat dan sejahtera melalui peningkatan kualitas taraf hidup keluarga dan masyarakat, serta meningkatkan kapasitas keluarga miskin agar mereka bisa mandiri dan meningkatkan taraf hidupnya.